8 Tips Memilih Smartphone Android Untuk Gaming

1024 views

8 Tips Memilih Smartphone Android Untuk Gaming

Jika dulu game identik dengan permainan di PC atau konsol Playstation,berbeda dengan sekarang game lebih mengarah ke Android.Sekarang ini kita sudah memasuki dunia mobile games,dimana experince game baik di IOS maupun Android sudah semakin menakjubkan.Hal ini tak lepas dari perkembangan sistem Smartphone itu sendiri,terkhusus IOS dan Android.

Selain itu,perkembangan hardware juga semakin pesat dengan speasifikasi yang cukup menakjubkan,bahkan bisa mengalahkan speasifikasi komputer.Lalu,apa aja sih yang harus diperhatikan untuk memilih Smartphone Gaming? Disini Androidku96 akan memberikan sedikit tips untuk memilih Smartphone Gaming.Baik,kita langsung saja ke yang pertama.

1.Apakah Layar Berpengaruh?

Ya,layar sangat berpengaruh saat digunakan bermain game.Untuk menikmati grafis yang memukau pilihlah layar dengan ukuran resolusi minimal 720 x 1280 pixel.Semakin tinggi resolusi layar,maka grafis yang akan ditampilkan juga akan lebih baik.Carilah ukuran layar yang berukuran 5-6 inci,karena game HD akan lebih lancar dan nyaman denga ukuran layar 5-6 inc.

2.Berapa Daya Baterai Yang Ideal?

Tak usah khawatir lagi tentang baterai,karena sekarang sudah banyak Smartphone keluaran terbaru yang sudah menyisipkan daya tahan baterai yang cukup besar.Pilihlah baterai minimal 2000mAh.Lebih besar daya tahan baterai maka akan semakin baik,karena game HD sekarang membutuhkan daya yang cukup banyak.Daya baterai yang ideal untuk Smartphone Gaming adalah sekitar 3000mAh,sudah banyak Smartphone Gaming dibawah 2Juta yang menanamkan baterai 3000mAh.

3.Pilihlah RAM dan Memory Internal Yang Ideal

Selanjutnya adalah dengan memilih RAM dan penyimpanan internal yang baik.RAM adalah tempat dimana game yang anda mainkan akan disimpan sementara,sedangkan penyimpanan internal berfungsi untuk menyimpan data game secara permanent.Minimal RAM yang dibutuhkan untuk game zaman sekarang adalah 2GB,sedangkan untuk memory internalnya adalah 16GB.Jangan memilih penyimpanan internal yang hanya sebesar 8GB,itu akan sesak sekali karena game zaman sekarang banyak yang mempunyai ukuran yang cukup besar.

4.Chipset atau Prosesor

Salah satu komponen penting yang menompang saat bermain game adalah SoC (System on Chip). Sederhananya SoC bisa dibilang sebagai otak dari smartphone. SoC terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi berbeda, seperti prosesor, GPU, modem dan berbagai komponen lain yang mengatur pemrosesan data.

Kebanyakan orang suka menyamakan penyebutan prosesor dan SoC atau chipset, yang benar adalah kalau kalau ditanya smartphone ini prosesornya apa, jawabannya adalah single-core, dual-core, quad-core, hexa-core, octa-core, dan deca-core. Kalau chipset, baru menyebutkan model dan mereknya, contohnya Qualcomm Snapdragon 820 atau MediaTek Helio X25, itu adalah chipset dan prosesor sendiri hanya salah satu bagian dari chipset.

5.Jumlah Core Menentukan Performa?

Jumlah core itu sendiri, bukanlah suatu jaminan cepat atau tidaknya performa smartphone. Jadi, jangan cepat-cepat tergiur dengan jumlah core yang banyak. Prosesor yang dioptimasi bisa lebih powerful ketimbang jumlah, contohnya chipset Apple A9 pada iPhone 6S. Hanya mengandalkan prosesor dual core 1,84GHz, tapi soal performanya tak perlu diragukan lagi bukan?

6.Kenali Jenis Chipset

Tips beli Android untuk game berikutnya adalah perhatikan jenis chipset, inilah yang menentukan bagus atau tidaknya performa sebuah smartphone. Di ranah mobile ini, chipset dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek. Chipset yang terbaru Qualcomm adalah Snapdragon 820 dengan mengandalkan prosesor quad-core. Sementara dari MediaTek ada Helio X25 yang mengandalkan CPU deca-core atau sepuluh inti.

Kalau kamu punya uang yang tak terbatas, tentu tidak masalah mendapatkan smartphone flagship yang ditenagai chipset Snapdragon 820. Kamu bisa cari alternatif dengan membeli model generasi sebelumnya. Lihat tabel untuk lebih jelas

Kelas Chipset
*Seri Snapdragon 800*

Snapdragon 820
Snapdragon 810
Snapdragon 808
Snapdragon 805
Snapdragon 801
Snapdragon 800

*Seri Snapdragon 600*

Snapdragon 652
Snapdragon 650
Snapdragon 617
Snapdragon 616
Snapdragon 615
Snapdragon 610
Snapdragon 600

*Seri Snapdragon 400*

Snapdragon 435
Snapdragon 430
Snapdragon 425
Snapdragon 415
Snapdragon 412
Snapdragon 410
Snapdragon 400

*Seri Snapdragon 200*

Snapdragon 212
Snapdragon 210
Snapdragon 208
Snapdragon 200

7.Tak Usah Khawatir Lagi Soal GPU

Menang GPU adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam bermain game.Pada dasarnya GPU hampir sama dengan CPU,GPU hanya mengolah data yang berhubungan dengan grafis saja.Karena grafis merupakan bagian utama dalam game,maka GPU yang kencang membuat pengalaman bermain anda lebih seru.Namun,anda sudah tak usah bingung lagi soal GPU,karena sudah termasuk satu paket dengan SoC.Kalau Chipsetnya bagus,sudah pasti GPUnya bagus.

8.Apakah Versi Android Cukup Penting?

Ya,memang versi android cukup penting untuk kegiatan gaming.Karena games zaman sekarang banyak yang membutuhkan Android dengan versi tinggi untuk dapat memainkannya.Usahakan jangan pilih versi android yang jadul,minimal pilihlah versi Kit Kat atau Lollipop.Semakin tinggi versi android,maka akan lebih banyak game terbaru yang dapat anda mainkan di Smartphone Android anda.
Itulah 8 tips untuk memilih android untuk gaming.Penting! Terutama buat kamu yang ngaku gamer berat. Intinya dapur pacu harus bertenaga, memori internal dan RAM harus lapang biar bisa banyak install game dan berjalan dengan mulus. Serta spesifikasi resolusi layar dan kapasitas baterai yang ideal, untuk menambah kenyamanan bermain game dalam waktu yang lama. Kalau ada tambahan, jangan sungkan komentar ya...
*sumber:Jalan Tikus

Leave a reply "8 Tips Memilih Smartphone Android Untuk Gaming"