Smartphone Anda Gampang Panas? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya!

397 views
Smartphone akan mengalami kepanasan saat dimana Anda mulai mengaktifkannya, ini tidak dapat dihindari. Namun ponsel yang mengalami overheat atau panas yang berlebihan tidak bisa dibiarkan karena akan menjadi masalah serius, dan merusak perangkat dan mempengaruhi kinerja smartphone Anda. Lantas, apa yang menyebabkan smartphone memanas hingga mengalami panas berlebihan (overheating), dan bagaimana cara menghindarinya?

Mengapa smartphone memanas?
Pertanyaan diatas sering sekali timbul dipikiran kita sewaktu smartphone atau ponsel kita memanas. Panas yang dihasilkan smartphone pada umumnya dihasilkan oleh gerakan. Smartphone yang terlalu sering digunakan otomatis secara langsung bekerja untuk melakukan perintah oleh usernya, hal inilah yang memicu smartphone mengalami panas.
Jumlah panas smartphone Anda sebanding dengan jumlah gerakan atau keseringan Anda menggunakannya. Contohnya, jika Anda bermain game yang menguras banyak unit dari pusat dan pengolahan grafis Anda, baik yang lokasinya di pusat sistem-on-a-chip (SoC), smartphone Anda otomatis akan menjadi hangat, karena perangkat Anda memerlukan lebih banyak kekuatan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka.
 Mengapa smartphone mengalami overheat?
Secara umum, jika SoCs dioptimalkan dengan sangat baik, maka overheat tidak lagi menjadi masalah yang sangat serius untuk ditakuti. SoCs secara khusus dirancang untuk menangani suhu tinggi. Ketika perangkat Anda mendekati suhu yang berpotensi merusak, kecepatan prosesor akan berkurang, hingga kecepatan operasi menjadi lambat, itu merupakan salah satu tanda-tanda overheat, dan dalam keadaan yang lebih parah, peringatan akan ditampilkan, yang mencegah Anda menggunakan perangkat sampai benar-benar dingin kembali.
Jika perangkat Anda sering mengalami overheat, bisa juga disebabkan sejumlah alasan, salah satunya terkait dengan overloading perangkat keras. Loading yang terlalu lama, mendorong GPU Anda bekerja lebih ekstra yang menjadi salah satu faktor utama telepon Anda terlalu panas. Hal lainnya yang menyebabkan smartphone overheating, yakni konektivitas, baik itu Wi-Fi, Bluetooth, atau yang lainnya dipercaya menjadi indikasi serius penyebab overheat, kerena konektivitas juga dapat memicu pemanasan baterai.Saat kalian menyalakan data koneksi atau sedang menggunakan Wi-Fi, ponsel akan cepat panas karena ponsel kita bekerja untuk mencari sinyal koneksi. Untuk itu, jika ponsel sedang tidak digunakan, matikanlah koneksi anda atau kalian juga dapat mengaktifkan mode pesawat. 
Selain faktor diatas, faktor lain penyebab overheat adalah eksternal. Misalnya, membiarkan smartphone Anda berada dibawah sinar matahari langsung, atau membiarkan smartphone berada diruangan dengan suhu tinggi menjadi penyebab smartphone Anda mengalami panas yang berlebihan. Jika hal ini dibiarkan akan merusak hardware smartphone Anda.

Penyebab Terjadinya Overheat

1.Penggunaan Smartphone Yang Berlebihan

Penyebab android yang cepat panas adalah dengan penggunaan smartphone dan tablet android secara belebihan. Memang hal ini sulit untuk kita hindari, karena smartphone sangat membantu pekerjaan sehari-hari. Namun pasalnya ketika anda menjalankan sebuah game atau aplikasi dengan berlebihan atau dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan meguras daya baterai yang anda. Selain itu komponen hardware android akan selalui bekerja tanpa ada jeda beberapa jam, oleh sebab itu android akan mudah panas.

2.Signal/Koneksi Yang Tidak Stabil

Faktor kedua yang menyebabkan android jadi cepat panas adalah keadaan signal atau koneksi yang tidak stabil. Ketika smartphone mencari sinyal baik itu sinyal wifi atau lainya maka akan menyebabkan panas. Karena sistem akan bekerja sangat keras untuk mendapat sinyal terbaik diarea yang sedang anda tempati. Kejadian kecil yang sering dialami adalah ketika berada dalam suatu perjalanan yang sulit sekali mendapatkan sinyal, namun pengguna memaksakan untuk mencari sinyal secara terus menerus sehingga bisa menyebabkan android mudah panas.

3.Aplikasi Yang Berjalan Dilatar Belakang

Ini merupakan kelalaian dan juga kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone android. Dengan membiarkan aplikasi berjalan dilatar belakang adalah hal yang kurang baik. Ketika aplikasi yang aktif dan berjalan dilatar belakang cukup banyak, maka daya baterai yang terkuras pun juga cukup banyak. Hal inilah yang menyebabkan android cepat terasa panas.

4.Kerusakan Pada Baterai

Kemudian faktor lain yang menyebabkan android menjadi panas adalah ketika ada keruskan pada baterai. Untuk baterai yang sudah membesar maka sebaiknya cepat ganti karena akan mudah sekali habis daya baterai serta akan mudah pula panas.

Kerusakan Yang Diakibatkan Oleh Overheat

1.Kerusakan Pada Baterai

Overheat dapat merusak baterai smartphone lebih cepat, hal ini disebabkan karena panas yang berlebihan mempercepat degradasi pada baterai, dengan demikian lebih cepat mengurangi kapasitas baterai, yang sewaktu-waktu baterai dapat mati lebih cepat.


2.Sistem On a Chip (SoC) 


Di dalam sebuah SoC, terintegrasi berbagai komponen yang mendukung kinerja smartphone. Di dalamnya terdapat sebuah prosessor, pengolah grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). Dengan teknologi SoC ini tentunya semua sistem bekerja lebih optimal dan memakan daya yang lebih sedikit dibandingkan dengan sistem CPU pada perangkat PC. Namun walaupun begitu, SoC rentan terserang overheat, dan yang paling menjengkelkan kita harus menunggu sampai perangkat mendinginkannya. Beberapa perangkat yang rentan terserang overheating yakni (Sony Experia z3 plus).

Cara Mengatasi dan Menghindari Overheat


#Cek Kondisi Baterai Smartphone Anda

Sebagai solusi utama agar android tidak mudah panas maka anda perlu memeriksa kondisi baterai pada smartphone dan tablet android yang anda miliki, kemudian juga pada baterai yang baik adalah memiliki daya yang besar dan saya sarankan anda memilih baterai jenis Li-Po yang menurut saya lebih bagus spesifikasinya.

#Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Kemudian solusi untuk mengatasi android yang overheat adalah dengan meghapus atau menguninstal aplikasi dan game yang tidak terlalu penting dan memberatkan ram, sebab ketika android memiliki aplikasi yang memberatkan ram maka akan menambah kinerja android menjadi terbebani, hal ini menyebabkan android cepat sekalu panas.

Selain itu cara untuk mengatasi android yang panas dengan dua cara yaitu anda dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak penting dan bisa juga dapat langsung menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak terpakai dan memberatkan android. Dengan demikian smartphone dan tablet android anda menjadi ringan serta terasa lebih cepat, lalu ini akan berdamak pada kinerja yang tidak terlalu panas nantinya.

#Gunakan Jaringan Yang Stabil Didaerah Anda

Ini merupakan faktor yang menyebabkan mengapa smartphone android mudah sekali panas, sebenarnya ini tidak terlalu berdampak langsung namun jika dibiarkan dapat membuat suhu panas yang berlebihan. Kemudian bila anda mengalami hal ini, maka cara mengatasi overheating karena hal ini dapat diatasi dengan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan provider jaringan yang memiliki koneksi stabil, walaupun sinyal nya tidak terlalu kuat ya paling tidak sedang saja. Bisa memilih jaringan provider yang mendukung koneksi tabil di daerah anda. Secara umum beberapa penyedia provider telekomunikasi menyediakan jaringan dari koneksi 3G secara menyeluruh hingga beberapa pelosok negeri.

#Bersihkan Smartphone Yang Sudah Mulai Terlihat Kotor

Tidak sedikit orang yang mengabaikan masalah kebersihan dari perangkat android yang kita miliki, padahal hal kebersihan sangat perlu anda terapkan. Pasalnya debu yang menempel pada hp serta tablet android bisa menyebabkan terjadinya overheating, hal ini bisa terjadi karena lubang yang tersedia pada body jika tertutup oleh debu akan menyebabkan suhu panas dari smartphone tidak dapat keluar.

Sebenarnya cara mengatasi overheating android panas sangat mudah untuk dilakukan, anda dapat menggunakan cotton buds atau bisa disebut pembersih telinga yang berbahan kapas. Jika sudah maka tinggal bersihkan debu yang menempel pada hp hingga terlihat bersih dan pastikan juga pada bagian dalam termasuk baterai juga dibersihkan. Namun anda perlu perhatikan bahwa jangan sampai kapas yang ada pada pembersih telinga menempel pada bagian perangkat android.

#Jangan Gunakan HP Saat Melakukan Charge

Penyebab terjadinya overheating pada ponsel dan tablet yaitu dengan penggunaan android saat sedang dicharging, padahal hal ini tentu saja tidak baik bagi kelangsungan perangkat anda. Sebaiknya anda gunakan android saat sedang tidak dicharging, jika anda menggunakan android ketika di charging hanya akan membuat perangkat android mudah panas.

Selain itu jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan baterai android akan membesar dan akan mudah habi. Jadi pastikan anda tidak menggunakan smartphone android ya ketika dicharging.

Ya, itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi overheating. Jika ada yang ditanyakan silahkan komen dibawah.

S: www.mastekno.com

Leave a reply "Smartphone Anda Gampang Panas? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya!"